Friday, November 28, 2014

SISTEM AKUNTANSI DI INDONESIA

Sistem akuntansi sangat berkaitan dengan informasi keuangan. Setiap perusahaan membutuhkan informasi keuangan. Informasi keuangan berguna untuk mengetahui keuangan suatu perusahaan.

Namun definisi sistem akuntansi baku belum di temukan. Beberapa ahli memberikan pengertian sistem akuntansi tergantung pada sudut dan penekanan yang mereka anut seperti Accounting Principles Board (APB). Mula-mula Accounting Principles Board (APB) yang di bentuk oleh American Institude of Certified Public Accounting (AICPA) mendefinisikan akuntansi sebagai berikut : Sistem akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi yang bersifat keuangan dengan cara memberdayakan bentuk satuan uang dan menginterpretasikan hasil proses tersebut (APB).

Semakin berkembangnya praktik akuntansi, Accounting Principles Board (APB) merevisi definisi sistem akuntansi sebagai berikut : Sistem akuntansi adalah penyedia informasi kualitatif tentang unit-unit usaha ekonomik terutama bersifat keuangan dan diperkirakan bermanfaat dalam pengambilan keputusan ekonomik (APB).

Berkembangnya sistem akuntansi dan banyaknya mahasiswa Indonesia yang belajar di Amerika membuat sistem tata buku di Indonesia berganti menggunakan sistem akuntansi.
Sistem akuntansi di Indonesia di susun oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) telah menyusun standar akuntansi yang dituangkan dalam buku Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI).

Daftar Pustaka :
-       AICPA, Codification of statements on Auditing Standard. New York: AICPA, 1986.
-       Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). Prinsip Akuntansi Indonesia 1984. Jakarta: Aksara Baru,1985

-       Swardjono, Akuntansi Pengantar 1. Yogyakarta: BPFE,1989

No comments:

Post a Comment