Friday, November 28, 2014

MINAT BELAJAR MAHASISWA



Minat merupakan sifat  pada diri seseorang. Minat sangat berpengaruh terhadap kegiatan seseorang. Minat dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu Faktor dari dalam dan luar.

Faktor dari dalam yaitu aspek jasmaniah terdiri dari kondisi fisik jasmani seseorang. Kondisi ini sangat mendukung keberhasilan belajar dan dapat mempengaruhi minat belajar. Jika terjadi gangguan kesehatan fisik terutama indera penglihatan dan pendengaran otomatis dapat menyebabkan berkurangnya minat belajar. 

Faktor dari luar siswa terdiri dari hubungan antar keluarga, suasana lingkungan rumah, dan keadaan ekonomi keluarga. Faktor dari luar selanjutnya lingkungan sekolah meliputi metode mengajar, kurikulum, sarana dan prasarana belajar, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, hubungan siswa dengan teman, guru dan staf di kampus serta kegiatan ekstrakurikuler. Faktor dari luar yang terakhir lingkungan masyarakat. meliputi hubungan dengan teman bergaul, kegiatan dalam masyarakat, dan lingkungan tempat tinggal.

 Beberapa langkah untuk menimbulkan minat belajar yaitu mengarahkan perhatian pada pencapaian tujuan, mengenai unsur-unsur permainan dalam aktivitas belajar, merencanakan aktivitas belajar dan mengikuti rencana tersebut.

No comments:

Post a Comment