Obyek wisata dan atraksi wisata atau tourism resources adalah segala sesuatu yang ada didaerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut.
Adapun pengertian Obyek Wisata, yaitu : semua hal yang menarik untuk dilihat dandirasakan oleh wisatawan yang disediakan atau bersumber pada alam saja.
Inilah 10 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia :
1. Bali
Bali adalah salah satu tujuan paling populer di dunia dan salah satu pulau yang secara konsisten memenangkan penghargaan perjalanan. Pemandangan bervariasi, garis pantai yang berbatu, pantai tropis, sawah yang subur dan lereng bukit gunung berapi semuanya memberikan latar belakang yang indah untuk warna-warni budaya, Hindu sangat spiritual dan unik. Kombinasi dari orang ramah, budaya megah visual yang diresapi dengan spiritualitas dan pantai spektakuler dengan berselancar yang hebat dan menyelam telah membuat Bali nomor satu atraksi wisata yang tak tertandingi di Indonesia.
2. Borobudur
Terletak 40 km (25 mil) barat laut Yogyakarta di Jawa, Borobudur adalah salah satu candi Budha paling terkenal di dunia. Borobudur ini dibangun selama beberapa 75 tahun pada abad 8 dan 9 oleh kerajaan Sailendra, keluar dari 2 juta blok diperkirakan batu. Hal itu ditinggalkan pada abad ke 14 karena alasan yang masih tetap menjadi misteri selama berabad-abad dan berbaring tersembunyi di hutan di bawah lapisan abu vulkanik. Hari ini adalah salah satu atraksi wisata paling populer di Indonesia.
3.Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo adalah sebuah taman nasional yang terletak di dalam Kepulauan Sunda Kecil yang meliputi tiga pulau besar Komodo, Padar dan Rincah, dan 26 yang lebih kecil. Taman yang bernama setelah Komodo, terbesar hidup di dunia reptil yang bisa mencapai 3 meter atau lebih panjang dan berat lebih dari 70kg. Meskipun Komodo makan sebagian besar bangkai hewan mati, mereka adalah predator tangguh dan juga akan berburu mangsa termasuk burung, dan mamalia. Serangan terhadap manusia sangat jarang.
4. Pulau Gili
Tujuan wisata paling populer Lombok, Kepulauan Gili adalah sebuah kepulauan dari tiga pulau kecil, Kepulauan ini sangat santai dan santai, dengan banyak kafe pinggir pantai kecil masih bermain reggae dan tidak ada mobil atau sepeda motor untuk mengganggu perdamaian. Perhatikan bahwa nama “Gili Islands” agak berlebihan sebagai gili hanya berarti “pulau kecil” di Sasak dan ada pulau-pulau lain di seluruh pantai Lombok.
5. Toraja
Tana Toraja merupakan wilayah dataran tinggi Sulawesi Selatan, rumah dari orang Toraja. Toraja terkenal besar mereka memuncak-atap rumah yang dikenal dengan upacara pemakaman tongkonan dan spektakuler tapi mengerikan. Setelah kematian seseorang, tubuh disimpan – sering selama beberapa tahun – sampai upacara pemakaman sebenarnya yang dapat berlangsung selama beberapa hari. Almarhum kemudian akhirnya dimakamkan di sebuah gua kecil atau di pohon berongga.
6. Bunaken
Terletak di utara pulau Sulawesi, Bunaken merupakan salah satu menyelam Indonesia yang paling terkenal dan area snorkeling. Pulau ini merupakan bagian dari Taman Laut Bunaken di mana Anda dapat melihat lebih dari 70% dari semua spesies ikan yang hidup di Pasifik Barat laut. Waktu terbaik untuk menyelam di Bunaken adalah antara bulan April dan November.
7. Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif dan bagian dari Tengger massif, di Jawa Timur. Pada 2.329 meter (7.641 kaki) itu bukan puncak tertinggi massif, tapi ini adalah yang paling terkenal. Daerah ini adalah salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi di Indonesia dan Jawa. Bagian atas gunung berapi telah tertiup angin dan bagian dalam kawah terus belches asap putih. Hal ini dikelilingi oleh Laut Pasir pasir vulkanik halus. Efek keseluruhan adalah unsettlingly membumi.
8. Lembah Baliem
Lembah Baliem di dataran tinggi Papua bagian barat menawarkan sekilas ke dalam apa yang baru-baru ini sebuah dunia jaman batu. Lembah itu tidak diketahui dunia luar sampai tahun 1938 ketika sebuah selatan penerbangan pengintaian udara dari Hollandia (sekarang Jayapura) menemukan populasi pertanian yang besar. Wamena adalah titik awal untuk sebagian besar pengunjung yang datang saat ini untuk mengagumi pemandangan pegunungan, sungai menderu, desa suku dan pada semangat tangguh tapi manis dari orang-orang Dani hangat.
9. Tanjung Puting
Tanjung Puting National Park berlokasi di pulau Kalimantan di Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah. Taman ini merupakan tujuan ekowisata populer, dengan banyak perusahaan wisata lokal yang menawarkan multi-hari wisata perahu untuk melihat satwa liar dan mengunjungi pusat penelitian. Margasatwa termasuk siamang, kera, macan tutul, beruang madu, ular, buaya dan – yang paling terkenal – orangutan. Sayangnya taman ini sangat terancam oleh pembalakan liar dan pembukaan hutan untuk keperluan pertanian.
10. Danau Toba
Danau Toba di pulau Sumatera merupakan danau vulkanik yang sangat besar sekitar 100 kilometer panjang dan lebar 30 kilometer. Dibentuk oleh letusan gunung berapi raksasa sekitar 70.000 tahun yang lalu, itu adalah kaldera bangkit kembali terbesar di Bumi. Perkiraan genetik menunjukkan bahwa hanya ada beberapa ribu manusia yang selamat bencana. Pulau di tengah – Pulau Samosir – adalah pulau terbesar dalam sebuah pulau dan berisi dua danau. Selain mengunjungi “danau di sebuah pulau dalam danau di sebuah pulau” turis juga datang ke sini untuk membayar kembali dan bersantai dan berenang di perairan vulkanik hangat.

sumber